Selasa, 08 Maret 2011

Cara Mendapatkan Update Image Terbaru Google Earth via Email

Para pengguna Google Earth / Google Maps sering bertanya-tanya, kapan bisa mendapatkan image terbaru untuk lokasi yang mereka inginkan. Saya juga seringkali ditanya hal serupa.  Google sendiri pun sepertinya tidak memiliki jawaban jika Anda langsung menanyakannya. Tapi Google  sepertinya memberikan solusi lain, yaitu memberitahukan via email setiap ada update satellite image terbaru pada lokasi pilihan Anda dengan aplikasi terbarunya, Follow Your World.

klik gambar untuk memperbesar

Untuk bisa menggunakan aplikasi Follow Your World, Anda harus memiliki akun gmail. Anda bisa mengisikan lokasi favorit yang ingin Anda ketahui segera, sesaat setelah Google mengupdateimage untuk lokasi tersebut. Anda bisa menggunakan fasilitas pencarian yang tersedia. Kemudian klik tombol “Select Point”. Form Latitude dan Longitude akan terisi secara otomatis sesuai dengan koordinat center point pada peta. Anda bisa menggesernya jika diperlukan. Edit Location Name, laluklik klik Submit.
Dalam beberapa saat Anda menerima notifikasi via email tentang subscription yang baru saja Anda daftarkan. Anda bisa menambah atau menghapus subscription sebelumnya (unsubscribe) dari menu Dashboard.Sebagai percobaan, saya meminta notifikasi via email jika peta satelit Kota Solo telah di update (lihat gambar).
Google sendiri baru saja memberikan informasi tentang update terbaru satellite image yang terdapat di Google Earth. Anda bisa melihat update terbaru tersebut dengan melakukan download file KML ini.
Anda akan mendapati, cukup banyak wilayah Indonesia yang mendapatkan update satellite image terbaru yang ditandai dengan kotak berwarna merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar